Sosok Usia Kurang 16 Tahun Jadi Mahasiswa Kedokteran Unair

unair

Salah satu calon mahasiswa yang lolos lewat Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 masuk Prodi Kedokteran Universitas Airlanggar (Unair). Hebatnya lagi, usianya masih kurang 16 tahun, yakni 15 tahun lebih 8 bulan.

“Dia adalah Risqi Nabila Ramadhani, berasal dari SMA Negeri 1 Ponorogo, Jawa Timur,” ungkap Rektor Unair Mohammad Nasih melansir laman Unair, Selasa (23/3/2021). Selain Risqi, bilang dia, masih ada tiga mahasiswa lain yang usianya kurang dari 16 tahun. Yakni, Ainiyah Hasna Fadhilah, Hasna Azizah, dan Anditya Azzahra. Ainiyah Hasna Fadhilah berumur 15 tahun lebih 4 bulan merupakan lulusan dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Madiun, Jawa Timur. Ainiyah lolos menjadi mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Unair. Hasna Azizah berusia 15 tahun lebih 6 bulan merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas Swasta International Islamic High School, DKI Jakarta. Hasna lolos menjadi mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Unair. Andhitya Azzahra berusia 15 tahun lebih 9 bulan yang merupakan lulusan SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo, Jawa Timur. Anditya lolos menjadi mahasiswa Prodi Ilmu Farmasi Unair. Nasih mengatakan, sebanyak 1.374 calon mahasiswa lolos masuk Unair lewat SNMPTN 2021, empat diantaranya empat orang yang usianya kurang dari 16 tahun. Meski menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia, sebut dia, Unair sangat terbuka dengan siswa dari manapun.

“Selama siswa memenuhi kriteria yang ditetapkan, semua berhak menjadi mahasiswa Unair,” jelas dia. Dia menegaskan, seluruh siswa yang diterima Unair murni dari prestasinya. Jadi, lanjut dia, jika ada oknum tertentu yang mengaku dapat membantu dalam proses penerimaan, maka itu tidak benar. “Bisa sampaikan kepada kami lewat helpdesk, jika ada permintaan tertentu di luar prosedur resmi. Siswa yang lolos SNMPTN 2021 di Unair itu merupakan memang murni prestasi,” pungkas dia. Total pendaftar SNMPTN 2021 Asal tahu saja, jumlah pendaftar total SNMPTN 2021 ialah sebanyak 854.599 calon mahasiswa. Dari total pendaftar itu, sebanyak total 110.459 calon mahasiswa dinyatakan lulus SNMPTN 2021, dengan rincian 100.356 calon mahasiswa diterima di PTN pilihan 1 dan 10.103 diterima di PTN pilihan 2. Dari total calon mahasiswa yang diterima, sebanyak 744.140 calon mahasiswa dinyatakan tidak lolos SNMPTN 2021. Tapi masih dapat mengikuti seleksi masuk PTN melalui jalur lainnya, yakni Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021 dan jalur mandiri PTN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hello, Homeschooling Talenta is here..
What do you want to know about this school ?