Homeschooling Model Privat

pri

Saat ini, perkembangan informasi dan teknologi melaju dengan begitu cepat. Mau tak mau dan suka tidak suka, setiap siswa wajib mengikuti perkembangan informasi tersebut jika tidak ingin ketinggalan dan digerus zaman.

Untuk memenuhi tuntutan ini, selain mengikuti pembelajaran di sekolah, banyak siswa yang mengikuti bimbingan homeschooling, salah satunya model privat. Pasalnya, dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di kelas, metode belajar di model privat dinilai memberikan keuntungan lebih bagi peserta didik.

Secara garis besar, ada beberapa metode belajar yang jamak dilakukan di berbagai layanan les privat.

  • Materi belajar menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Dalam hal ini, pelajaran yang diajarkan sesuai dengan permintaan siswa, apakah ingin belajar IPA, IPS, Matematika, Bahasa Inggris, atau yang lainnya. Selain itu, materi pembelajaran juga disesuaikan dengan  yang digunakan di sekolah tempat siswa belajar.
  • Membantu menyelesaikan tugas atau PR. Guru model privat biasanya akan membantu mengecek apakah siswa memiliki pekerjaan rumah (PR) atau tidak. Jika ada pekerjaan rumah, guru model privat akan membatu siswa dalam mengerjakan tugasnya.
  • Metode yang beragam. Guru model privat akan menggunakan berbagai cara yang efektif sesuai kebutuhan siswa sehingga siswa yang bersangkutan bisa lebih cepat dalam memahami pelajaran.
  • Melakukan review materi yang telah diajarkan di sekolah. Ini dapat dilakukan dengan cara tanya jawab antara guru model privat dengan siswa. Tujuannya, agar siswa terbantu mengingat materi yang telah diajarkan di sekolah.
  • Penjelasan konsep materi dasar yang belum dikuasai siswa. Ini bisa dilakukan ketika mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah dan guru model privat melihat seberapa jauh pemahaman siswa tentang konsep pelajaran.
  • Latihan soal yang bervariasi. Siswa bisa mengerjakan soal-soal yang bervariasi secara step by step, mulai soal yang mudah, sedang, hingga soal yang sulit. Tujuannya, untuk menguji tingkat pemahaman dan aplikasi materi.
  • Review pelajaran yang sudah disampaikan. Ini bisa dilakukan dengan cara tanya jawab antara guru dengan siswa atau dengan teknik lain, seperti memberikan soal tantangan.
  • Memberikan penilaian untuk tiap pertemuan. Guru model privat akan memberikan penilaian tentang penguasaan materi siswa di setiap pertemuan. Penilaian ini akan ditulis dalam bentuk laporan sehingga orang tua mengetahui bagaimana proses penguasaan pelajaran putra-putrinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Hello, Homeschooling Talenta is here..
What do you want to know about this school ?